BAHAYA TIDUR SETELAH SAHUR



Berikut penyebab kenapa seseorang tidak dianjurkan kembali setelah makan sahur

­čîĚPertama, gangguan lambung/asam lambung. 
Setelah mengonsumsi makanan (termasuk sahur), sistem pencernaan memerlukan beberapa waktu untuk mencerna dan menyerap nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut. Ketika seseorang tidur setelah makan (sahur), apalagi dalam posisi terlentang, pencernaan menjadi melambat atau sulit bekerja.
Akibatnya, timbullah nyeri di ulu hati dan panas yang menyebar ke dada dan tenggorokan karena meningkatnya asam lambung.

­čîĚKedua, terjadinya refluks. 
Merupakan penyakit yang timbul akibat kelemahan dari katup antara lambung dan kerongkongan. Hal ini menyebabkan asam lambung naik ke dalam kerongkongan dan menimbulkan gejala berupa rasa terbakar di dada.

­čîĚKetiga, terserang Stroke. 
Tidur setelah sahur dipercaya meningkatkan resiko terkena stroke. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah terkena stroke

­čîĚKeempat, sakit Kepala.
Jika kita tidur setelah shalat subuh, dan ketika bangun bagian leher akan terasa sakit dan kaku, bahkan terkadang bukan kesegaran yang didapat, namun sebaliknya. Lalu akan terasa sakit kepala bagian atas atau kepala bagian belakang Selain berbahaya dari segi kesehatan, tidur setelah sahur membuat terhalangnya pintu rezeki.

Dalam hadits yang di riwayatkan oleh Abu Daud, bahwasannya Rasulullah bersabda : “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” Dalam hadits tersebut Rasulullah mendoakan keberkahan bagi umatnya yang bangun di waktu pagi Dan yang terakhir, menjadi malas dan Kehilangan semangat. Biasanya ketika tidur usai sahur atau menjelang pagi, tubuh akan terasa lemas dan kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas.

Maka sebaiknya Mengisi waktu pagi setelah Subuh dengan ibadah, berdzikir, membaca Al-qur’an atau bisa juga kita gunakan waktu pagi untuk membersihkan rumah. Bisa di pastikan waktu berikutnya, insyaAllah kita akan terlihat lebih segar dan bersemangat. Baik secara medis ataupun secara ruhiyah. ..


0 Response to "BAHAYA TIDUR SETELAH SAHUR"

Posting Komentar